Antisipasi Musibah Kebakaran, IDN-Damkar Gelar Pelatihan Simulasi Kebakaran

1 min read

pelatihan idn boarding school

IDNews. Musim kemarau masih melanda sebagian besar wilayah Jonggol, Bogor. Hal itu mengakibatkan rerumputan dan dedaunan menjadi kering sehingga rentan terjadi kebakaran. Oleh karenanya, IDN Boarding School bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kab. Bogor menggelar pelatihan antisipasi kebakaran api ringan pada hari Sabtu,(12/10) di halaman parkir IDN Boarding School.

Nuriyadi, selaku pelatih pada kegiatan tersebut menerangkan, kebakaran terjadi akibat adanya tiga faktor: hawa panas, bahan bakar, dan adanya oksigen.

“..dan untuk memadamkannya, maka harus dihilangkan salah satu dari ketiga faktor itu..” terangnya.

idn boarding school
idn boarding school

Pelatihan yang diikuti oleh seluruh santri dan civitas akademik IDN tersebut menerangkan pada peserta bagaimana antisipasi jikalau terjadi kebakaran ringan di lingkungan sekitar.

Para pelatih memperagakan bagaimana memadamkan api dengan menggunakan karung goni atau kain basah dan menggunakan tabung APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

“.. memadamkan api dengan goni, pastikan goni sudah basah. Lalu, angkat goni dengan tangan hingga menutupi muka. Kemudian letakkan goni perlahan-lahan bukan dilempar ya. Dan ketika sudah keluar asap putih tandanya api sudah padam..”

“..kalau dengan tabung APAR, pertama pegang leher tabung, lepaskan pin pengaman, cek tekanan, kemudian semprotkan isi APAR ke arah api dengan cara disapukan hingga padam..” terangnya.

Ia juga berharap, seusai pelatihan ini agar seluruh civitas akademik IDN sudah mengerti bagaimana memadamkan api ringan, terutama bagi satpam penjaga IDN.

“.. karena satpam kan ujung tombak pengamanan IDN, jadi kita berharap dengan adanya pelatihan ini para santri dan ustadz-ustadz IDN, khususnya satpamnya sudah bisa dan siap jika terjadi kebakaran api ringan” tandasnya.

Terakhir, ia menghimbau kepada warga IDN dan masyarakat untuk berhati-hati ketika menyalakan api, terutama di dekat semak-semak yang saat ini sangat rentan terbakar.

 

Ikuti perkembangan berita selanjutnya di www.idn.sch.id

 

Reporter: Aryga NoorHadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need help? Let's chat with us!

Perlu bantuan ? silahkan klick dibawah ini untuk mulai bicara dengan kami

Admin

SMP-SMK IDN

Online

SMP-SMK IDNJagoan IT Pinter Ngaji

Assalaamu'alaikum ada yang bisa kami bantu ? 00.00