Profesionalisasi Civitas Akademik, IDN Gelar Training Psikotest

1 min read

Profesionalisasi Civitas Akademik, IDN Gelar Training Psikotest

IDNews. Sebagai upaya untuk menciptakan tenaga pendidik yang profesional dan mengenal karakter anak didiknya, IDN Boarding School menggelar pelatihan Psikotest untuk para guru, musyrif (pembina santri), dan staff IDN pada hari Jum’at, (10/04).

Janice Omar Javier, selaku guru Bimbingan Konseling (BK) sekaligus trainer pada pelatihan ini menerangkan, pelatihan yang diinisiasi oleh seluruh pihak IDN tersebut menargetkan agar para peserta dapat mengenal potensi yang dimiliki oleh santri yang dididik.

“Sehingga, para guru dan musyrif dapat mengenal potensi anak didiknya, lalu membuat laporan kepada BK. Dengan itu kita dapat mengambil langkah yang tepat untuk mengembangkan potensi sang anak sesuai dengan bidangnya” terangnya.

Pada pelatihan tersebut Ust. Omar, panggilan akrab beliau, menjelaskan tentang tiga alat tes yang menurutnya tepat untuk mengenali potensi anak.

“Yang pertama ada CFIT (Culture Fair Intelligence Test), dengan alat tes ini kita bisa mengetahui tingkat IQ anak didik kita.”

“Namun, tidak cukup disitu, setelah kita mengetahui IQ anak bukan berarti serta merta kita bisa men-judge anak didik kita si ini bodoh si ini tidak, bukan ! Setiap anak memiliki potensinya masing-masing, oleh karenanya kita pakai alat test Multiple Intelligence. Dengan itu kita bisa menilai si anak memiliki kelebihan di bidang apa dan kelemahan di bagian apa” tuturnya.

Profesionalisasi Civitas Akademik, IDN Gelar Training Psikotest

Dan alat test yang ketiga yang diajarkan pada pelatihan itu adalah Test Communication Style. ” Yang mana dengan alat test ini kita bisa mengetahui bagaimana gaya komunikasi si anak. Sehingga kita selanjutnya bisa tahu bagaimana menyikapi setiap komunikasi yang dilakukan para anak didik kita” jelasnya.

Seusai pelatihan tersebut, ia berharap para peserta dapat mengetahui bagaimana memetakan potensi yang dimiliki oleh anak didiknya. Dengan sinergi antara guru IDN dan wali santri, kedepannya ia berharap dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap santri IDN Boarding School.

“Dan juga kedepannya kita akan membuat, yang mungkin belum ada di sekolah lainnya ya, yakni Raport Pendidikan Karakter. Dimana disitu akan tertera bagaimana potensi si anak didik, bidang apa yang mesti didorong, dimana kelemahannya, dan sebagainya” tandasnya.

Ikuti perkembangan berita selanjutnya di www.idn.sch.id

 

Reporter: Aryga NoorHadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need help? Let's chat with us!

Perlu bantuan ? silahkan klick dibawah ini untuk mulai bicara dengan kami

Admin

SMP-SMK IDN

Online

SMP-SMK IDNJagoan IT Pinter Ngaji

Assalaamu'alaikum ada yang bisa kami bantu ? 00.00