Kemarin SMP, Kini IDN Ajak Santri IDN Bersyukur

1 min read

IDNews. Setelah sukses menggelar kegiatan Character Building dengan tema bersyukur, IDN Boarding School kembali mengulang suksesinya. Kali ini, santri SMK IDN Boarding School diajak untuk bersyukur dengan metode khas IDN pada hari Jum’at, (18/10) malam di komplek Pesantren IDN Jonggol.

Dalam acara tersebut seperti biasa para santri harus melalui sejumlah pos yang masing-masing pos memiliki tantangan tersendiri yang akan fokus untuk mensyukuri bagian tubuh tertentu.

Di pos awal, sama seperti yang berlaku pada santri SMP, para santri SMK ditutup matanya dan diperintahkan untuk berjalan hanya dengan mengandalkan sebuah tongkat kayu.

Akan tetapi, kali ini ada sedikit improvisasi yang dilakukan oleh panitia. Selama para santri berjalan dengan mata tertutup, panitia lainnya menyiapkan berbagai rintangan dan gangguan. Baik berupa benda-benda di tengah jalan, disenggol dan sejenisnya, sehingga para santri dapat lebih bersyukur dan merasakan bagaimana hidup tanpa penglihatan.

Seusai pos satu, para santri diikat kakinya dan diperintahkan untuk bergerak menuju pos selanjutnya sembari membawa sebuah roti. Pada pos ini para santri diajak untuk mensyukuri kaki yang selama ini telah Allah Subhanahu wa ta’ala berikan.

Di pos ketiga, ikatan kaki santri dilepaskan, tangan santri diikat, dan diminta untuk memakan roti yang telah mereka bawa sejak tadi. Disini para santri diharap dapat mensyukuri nikmat tangan yang ada pada mereka selama ini.

Di pos keempat para santri disadarkan betapa nikmatnya bernafas dengan mudah. Santri diperintahkan untuk memasukkan wajahnya ke sebuah baskom air hingga ia mampu merasakan betapa nikmatnya bernafas dengan mudah.

Pada penghujung kegiatan, santri-santri SMK IDN diajak panitia untuk merenung tentang dosa-dosanya selama ini. Dan puncaknya, para santri tidak mampu lagi membendung air matanya ketika diingatkan tentang perjuangan orang tua.

Terlihat para santri menangis tersedu-sedu tatkala merenungi perjuangan orang tuanya dan dosa-dosa yang pernah mereka lakukan kepada orang tua mereka.

Tampak para santri tak merasa malu dan ragu lagi saat mengungkapkan perasaan mereka yang akan mereka sampaikan kepada orang tuanya.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharap para santri dapat lebih mensyukuri nikmat yang selama ini Allah titipkan kepada mereka, character santri pun diharap dapat menjadi pribadi yang lebih baik, dan dapat lebih menyayangi kedua orang tuanya.

Ikuti perkembangan berita selanjutnya di www.idn.sch.id

 

Reporter: Aryga NoorHadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need help? Let's chat with us!

Perlu bantuan ? silahkan klick dibawah ini untuk mulai bicara dengan kami

Admin

SMP-SMK IDN

Online

SMP-SMK IDNJagoan IT Pinter Ngaji

Assalaamu'alaikum ada yang bisa kami bantu ? 00.00